Yayasan Kyai Burhan Al-Mansur; merupakan manifestasi perwujudan keluarga besar masyarakat pulau Bawean yang sangat peduli kepada upaya mempertahankan keberlanjutan warisan sumber daya alam yang tetap melimpah bagi anak cucu masyarakatpulauBawean. Guna mewujudkan cita-cita masyarakat tersebut, maka didirikan program studi ilmu perikanan sebagai program studi prioritas yang pertama kali didirikan dalam perguruan tinggi STIS Mambaul Falah. Seperangkat dokumen pendirian program studi telah dipersiapkan sebagaimana peraturan perundangan terbaru yang berlaku dalam Permendikbud 3 tahun 2020, Permendikbud 5 tahun 2020, dan Permendikbud 7  tahun 2020. Proses penyusunan rancangan, rencana, analisis, hingga penulisan instrumen akreditasi program studi baru 9 kriteria Ilmu Perikanan ini, telah cukup melibatkan para ahli di bidangnya masing-masing.

Terpilihnya program studi Ilmu Perikanan sebagai program studi pada awal pendirian STIS Mambaul Falah-MF merupakan wujud cita-cita masyarakat pulau Bawean melalui Yayasan Kyai Burhan Al-Mansur; sebagai sarana ilmiah yang sarat dengan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi pada jenjang pendidikan tinggi untuk mengelola, memanfaatkan dan mengembangkan sumber daya perikanan di pulau Bawean.

Mencetak ahli perikanan unggul, mandiri, kompetetif, cerdas sebagai technopreneur dan entrepreneur yang mampu mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan, berlandaskan iman dan taqwa tahun 2024. 

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan sarjana ilmu perikanan (S.Pi) yang mampu mengelola bisnis sumber daya ikan dan perairan secara bijak pada tingkat berkelanjutan (maximum sustainable yield);
  2. Melaksanakan penelitian fokus pada pemanfaatan sumber daya ikan dan perairan sebagai subyek bisnis untuk mengisi obyek pasar global secara berimbang keberlanjutannya;
  3. Mewujudkan pengabdian masyarakat fokus pada kerja sama saling menguntungkan dengan berbagai pihak yang memiliki komitmen dan konsistensi dalam menjaga keberlanjutan pemanfaatan sumber daya alam.

TECHNOPRENEUR

Alumni yang memiliki keahlian teknis dalam bidang pengelolahn sumber daya alam perikanan.

ENTREPRENEUR

Alumni yang memiliki kemandirian dalam mengembangkan bisnis  perikanan.

Lapangan pekerjaan

  • Wirausaha

  • Tenaga Ahli perusahaan perikanan

  • Eksportir

  • Aparatur Sipil Negara

  • Perbankan

  • Peneliti

  • Dosen

  • Non Goverment Organization